Selasa, 09 Oktober 2012

Sistem Informasi Manajemen

1. Pengertian Sistem Informasi Manajemen
Pengertian sistem informasi manajemen menurut para ahli :
  • Burt Scanland and J.Bernard Eys menyatakan bahwa Sistem Informasi Manajemen adalah merupakan sistem formal mengenai dalam suatu organisasi.
  • Stoner, 1996 mengungkapkan bahwa Sistem Informasi Manajemen merupakan metode formal yang menyediakan informasi yang akurat dan tepat waktu kepada manajemen untuk mempermudah proses pengambilan keputusan dan membuat organisasi dapat melakukan fungsi perencanaan, operasi secara efektif dan pengendalian.
  • Kroenke, David, 1989 mangatakan Sistem Informasi Manajemen adalah pengembangan dan penggunaan sistem-sistem informasi yang efektif dalam organisasi.
Sistem Informasi Manajemen merupakan suatu sistem pemprosesan data spesifik yang dirancang untuk melengkapi manajemen dengan informasi mutakhir, signifikan dan proyektif dalam waktu yang nyata.
2.        Pengertian Manajemen dan Manajer
  • Manajemen sebagai individu atau sekelompok individu yang bertanggung jawab untuk menganalisis, merumuskan keputusan dan memprakarsai tindakan yang memadai yang dapat menguntungkan organisasi
  • Manajemen sebagai suatu proses pengalokasian masukan suatu organisasi melalui perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasa agar dapat memproduksi dan memasarkan keluaran yang dibutuhkan oleh para pelanggan sehingga sasaran organisasi itu dapat tercapai.
  • Manajemen sebagai ilmu yang mengkaji upaya manusia untuk mencapai tujuan yang telah diperhitungkan dengan bantuan sejumlah sumber daya melalui metode yang efisien dan efektif.
Dan definisi diatas ternyata manajemen bekerja bukan dalam sistem tertutup, tidak hanya bersentuhan dengan faktor-faktor intern, tetapi dengan faktor-faktor akstern. Oleh karena itu, manajemen diterapkan menurut situasi, maka tugas utamanya berhubungan dengan perubahan. Perubahan merupakan proses yang membuat sesuatu menjadi berbeda.
 
Manajer adalah seseorang yang karena pengalaman, pengetahuan dan keterampilannya diakui oleh organisasi untuk memimpin, mengatur, mengelola, mengendalikan dan mengembangkan kegiatanorganisasi dalam rangka mencapai tujuan.
 
Tugas-tugas seorang manajer :
1.      Memimpin organisasi
2.      Mengatur organisasi
3.      Mengendalikan organisasi
4.      Mengembangkan organisasi
5.      Mengatasi berbagai masalah yang terjadi dalam organisasi
6.      Menumbuhkan kepercayaan
7.      Meningkatkan rasa tanggung jawab
8.      Mengawasi atau mengendalikan kegiatan organisasi
9.      Melakukan evaluasi terhadap kegiatan yang telah dilakukan
10.  Menggali dan mengembangkan potensisumber daya.
3.        Pengertian Organisasi
Menurut para ahli :
  • Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama.
  • James D. Mooney mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan yang sama.
  • Chester I. Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
  • Stephen P. Robbins menyatakan bahwa organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.
Dalam ilmu-ilmu sosial, organisasi dipelajari oleh periset dari berbagai bidang ilmu, terutama sosiologi, ekonomi, ilmu politik, psikologi dan manajemen. Kajian dalam organisasi seringdisebut studi organisasi (organizational studies), perilaku organisasi (organizational behaviour), atau analisis organisasi (organization analysis).
SIM untuk organisasi ini diartikan sebagai sesuatu system yang saling berpengaruh antar orang dalam kelompok yang bekerjasama dalam mencapai tujuan bersama. Secara lengkap dapat dinyatakan sebagai suatu kesatuan sosial dari kelompok manusia yang saling berinteraksi menurut pola tertentu, sehingga setiap anggotanya memiliki fungsi dan tugas masing-masing, utamanya lagi kesatuan tersebut mempunyai batas-batas yang jelas sehingga dapat dipisahkan secara tegas dari lingkungannya.
4.        Pengertian Tekhnologi
Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Pengguna teknologi oleh manusia diawali dengan pengubahan sumber daya alam menjadi alat-alat sederhana.
Penemuan prasejarah tentang kemampuanmengendalikan api telah menaikkan ketersediaan sumber-sumber pangan,sedangkan penciptaan roda telah membantu manusia dalam beperjalanan dan mengendalikan lingkungan mereka. Perkembangan teknologi terbaru, termasuk diantaranya mesin cetak, telepon, dan internet telah memperkecil hambatan fisik terhadapkomunikasi dan memungkinkan manusia untuk berinteraksi secara bebas dalam skala global.
5.        Fungsi Organisasi
            Dalam mencapai maksud dan tujuan organisasi, ada 4 fungsi organisasi yang sangat perlu diperhatikan berkaitan dengan manajemen organisasi, yakni: 
1.      Planning (Perencanaan)
Hal yang berkaitan dengan perencanaan dalam organisasi diantaranya dalah rencana-rencana yang coba disusun oleh pengelola organisasi, seperti rencana kerja atau kegiatan serta anggaran yang diperlukan, teknis pelaksanaannya bias melalui rapat-rapat, seperti: 
  • Rapat Kerja (pengurus organisasi) yang membicarakan rencana-rencana kerja pengurus serta kegiatan anggota yang akan dilakukan dengan satu atau lebih target yang akan dicapai. 
  • Rapat Anggaran, untuk menentukan berapa jumlah anggaran yang diperlukan untuk mendukung kerja organisasi atau untuk suatu event / kegiatan (wujudnya daftar RKA) atau proposal kegiatan. 
2. Organizing (Pengaturan)
            Dalam hal pengaturan, unsur yang perlu diperhatikan & diwujudkan adalah :   
  • Struktur Organisasi yang mampu menunjukkan bagaimana hubungan (relationship) antara organisasi/bagian/seksi yang satu dengan yang lain. 
  • Job Description yang jelas yang mampu menjelaskan tugas masing-masing bagian.
  • Bentuk Koordinasi antar bagian dalam organisasi (misal. Rapat Koordinasi antar bagian, Rapat Pimpinan antar Organisasi, dll)
  • Penataan dan Pendataan Arsip & Inventaris Organisasi 
Harus diatur dan ditata dengan baik administrasi organisasi, seperti surat masuk, surat keluar, laporanlaporan, proposal keluar, data anggota, AD/ART, GBHK, presensi, hasil rapat, inventarisasi yang dimiliki, perangkat yang dipinjam dll.

3. Accounting (Pelaporan)
            Pelaporan merupakan unsur wajib yang harus dilakukan untuk menunjukkan sikap & rasa tanggung jawab dari pengurus kepada anggotanya ataupun kepada struktur yang berada diatasnya. 

4. Controling (Pengawasan)
            Tugas organisasi ataupun pimpinan organisasi yang tidak boleh terlewatkan adalah melakukan pengawasan terhadap aktifitas organisasi ataupun realisasi kegiatan dan penggunaan anggaran.
Duniabaca.com/pengertian-dan-manfaat-sim-sistem-informasi-manajemen.html
Id.m.wikipedia.org/wiki/ekonomi

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar